Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com
sephet.blogspot.com

Free symbian softwares, mobile games, and many more tricks

Kalian pasti merasa jengkel dengan banyaknya aplikasi ponsel yang tersedia, namun tidak dapat di instal karena notifikasi 'certificate error'. Dan ini bukan hal yang pertama kali ditemui bagi kalian para symbian lovers. Bagi saya masalah tersebut tidaklah begitu rumit. Saya punya solusi jitu untuk menginsatal aplikasi 'unsigned', dan sudah saya uji coba di ponsel saya sendiri, Nokia 5800 xm. Langsung saja menuju pointnya ;)

'Aplikasi Free Signer'

Yang harus kalian lakukan untuk 'signing' aplikasi ponsel symbian adalah (baca dengan perlahan) :
  • Request file cert dan file key, kalian bisa dapatkan dengan registrasi di situs opda. Atau lebih jelasnya, kalian bisa lihat artikel ini terlebih dahulu (open link in new tab).
  • Download aplikasi Free Signer
  • Download software signsis.exe dan instal di pc..
  • Download cert dan key setelah melakukan registrasi di opda tadi. Copy kedua tersebut file ke pc dan ponsel.
  • Buka sign sis.exe di pc, setting dengan menggunakan file cert dan key yang baru saja kalian download, serta file free-signer.sisx yang sudah kalian download agar free signer dapat terpasang di ponsel.
Sign sis.exe
  • Instal free signer di ponsel setelah berhasil di eksekusi lewat sign sis di pc.
  • Buka aplikasi free signer di ponsel, dan setting dengan mengikutsertakan file cert dan key.

  • Pilih file sis / sisx yang tidak bisa di instal, eksekusi dan kalian akan dapat menginstal semua aplikasi di ponsel symbian.
Jika kalian mengalami kesulitan, kalian bisa contact saya via email (ada di menu 'contact me'), atau bertanya dengan mengisi komentar thread ini.
    Semoga berhasil ;)







    78 comments

    1. chapoeng Says:
    2. sukses mas!!

       
    3. Anonymous Says:
    4. mantap bro... jalan semua yang awalnya unsigned.. tutorial yang paling gampang dimengerti selama 4 bulan gw googling.. sukses!

       
    5. admin Says:
    6. nanti saya akan bagi tutorial sederhana untuk hack ponsel symbian (tested on 5800xm)dengan HeloOx 2. thanks

       
    7. Anonymous Says:
    8. bos,walau tipe sesaudara tp apa bisa ya d pake d N5230?

       
    9. Anonymous Says:
    10. gan.. ko aplikasi free signer nya ga bisa diinstal di hp, sertifikat kadaluarsa gitu... giliran dimundurin 1tahun, tetep aja ga bisa? gimana gan?

       
    11. ferry kw Says:
    12. Terima kasih atas informasi yg sangat berguna ini..dan kini saya telah bisa mempercantik N5230 saya. :-)

       
    13. sephet Says:
    14. quote : bos,walau tipe sesaudara tp apa bisa ya d pake d N523?
      yup, kamu bisa lihat komentar sodara kita yang memiliki N5230, tentu saja cara ini juga bisa..

      quote : gan.. ko aplikasi free signer nya ga bisa diinstal di hp, sertifikat kadaluarsa gitu... giliran dimundurin 1tahun, tetep aja ga bisa? gimana gan?
      solusi sertifikat kadaluarsa : jika 1 tahun masih belum bisa terpasang, mundur 2 tahun. jika masih belum bisa, maka naikan lagi dengan hitungan bulan.

      afeybe : Terima kasih atas informasi yg sangat berguna ini..dan kini saya telah bisa mempercantik N5230 saya. :-)
      senang bisa saling berbagi..

       
    15. sand Says:
    16. ku ngehapus sertifikat & key opda di account aku. tp bgtu mau ku upload lg jd g bs ya, keterangannya "the IMEI has already applied sertificate" jd skr account ku ga da setifikatnya yg bs ku download. apa ada solusinya. mksh.

       
    17. sephet Says:
    18. sand : kamu download key dan certificate baru (non imei built in).
      untuk cert dan key baru itu kamu bisa download di sini

       
    19. Anonymous Says:
    20. saya mengalami kesulitan seperti Sand ..
      bagaimana yaaa agar nomor IMEI saya bisa diterima lagi ?
      saya bingung ..

       
    21. sephet Says:
    22. coba kamu buat akun baru lagi di opda.
      atau kamu coba registrasi dan request di situs sejenis : http://s60certkey.com

       
    23. Anonymous Says:
    24. Bos ini bisa nggak dipake untuk E71 atau E63?Reply ya! ASAP!

       
    25. sephet Says:
    26. support untuk s60 v3 dan v5.
      E71 / E63 = s60 v3

      thanks

       
    27. alva Says:
    28. saya kesulitan dalam mendownload cert and key. tolong bantuannya...

       
    29. sephet Says:
    30. alva : kamu bisa kirimkan nomor imei ponsel kamu ke saya.
      PM via email lewat menu 'Contact Me' di panel atas halaman blog ini.
      saya bantu request dan download untuk kamu.

      thanks

       
    31. cynthia Says:
    32. ko saya mw instal signsis.exe nya gk bs ya?gk muncul apa2..ksong...

       
    33. sephet Says:
    34. cynthia : signsis.exe adalah software portable, tidak perlu di instal.
      untuk mengoperasikannya, kamu non-aktifkan dulu antivirus di pc kamu.

      thanks

       
    35. Anonymous Says:
    36. mas, cara mundurin setahun atau 2tahun di expired certificate nya gimana ya? makasih..

       
    37. sephet Says:
    38. cukup ke pengaturan tanggal ponsel saja.
      sesuaikan tanggal dan tahun sampai aplikasi berhasil terpasang.

      thanks

       
    39. Anonymous Says:
    40. saya dah nyoba bikin cer dan key sesuai petunjuk http://sephet.blogspot.com/2009/12/portal-sertifikasi-online-software.html dan dengan key n cer itu saya berhasil menginstal free-signer.sisx di nokia 5630 XM saya.
      tapi ketika cer dan key itu saya gunakan untuk applikasi yg lain,tidak berhasil.

      saya sudah coba menggunakan free-signer,Sign sis.exe dan coba upload applikasi ke cer.opda.cn langsung, tapi tetap ga berhasil juga.

      pesannya tidak bisa menginstal dari sumer yg tidak dipercaya. ada juga yg akses tidak diberikan.
      kenapa ya?

       
    41. sephet Says:
    42. mmhh... ternyata setelah saya uji di 5800xm v50.0.005, 6120c dan E63 latest version (entah versi berapa, cer dan key dari opda memang gagal mengeksekusi file sis unsigned menjadi signed.

      mungkin kamu coba juga software sis contents (PC only. salah satu fiturnya : signing sis/sisx.

      thanks for all advice.
      this thread will be closed (causes : expired thread)

       
    43. Anonymous Says:
    44. TOP BGT...THANKS FOR SHARING YA BOSS

       
    45. bimo Says:
    46. om saya pake SE m600 kok ga bisa ya?
      free signer nya juga ga bisa di instal..
      dari tanggal nya sudah saya rubah2 juga tetep ga bisa..
      jadi blm tau juga cer n keynya bisa engga..
      mohon pencerahannya om..
      makasih..

       
    47. sephet Says:
    48. untuk SE m600, memiliki OS Symbian v9.1, UIQ 3.0.
      untuk freesigner ini, hanya saya uji di ponsel nokia OS :

      - Symbian OS v9.2, S60 rel. 3.1 (6120c); dan
      - Symbian OS v9.4, Series 60 rel. 5 (5800xm)

      kemungkinan freesigner untuk SE m600 tidak support.
      thanks

       
    49. Unknown Says:
    50. kok g bisa di 5800 xm ku yaaaa???huh,sebel,,,

       
    51. sip,,

      suksess bro

       
    52. Anonymous Says:
    53. bos, nanya nih...
      ada gak cara hack untuk nokia x6...
      tks for info...

       
    54. evanov Says:
    55. mas, setelah saya upload file cer & key ke situs opda (dari link yang mas kasih diatas, http://m.4shared.com/file/239138783/fcd3860b/OPDA20years.html ) koq menurut OPDAnya cer dan key-nya statusnya (state) sudah expired sehingga gak bisa digunakan. mohon pencerahannya mas... trims

       
    56. evanov Says:
    57. udah terpecahkan mas...ternyata saya yang teliti. tapi ada sedikit bingung nih mas: kalo yang screenshot aplikasi free signer di ponsel diatas yang diisi dengan cert+key hasil reg di situs OPDA kan pada "self sign cert" dan "self sign key" dan pada "sign cert" dan "sign key" sudah default file cert dan key. tapi di E63 saya koq terjadi sebaliknya mas, pada "self sign cert" dan "self sign key" sudah default file cert dan key dan pada pada "sign cert" dan "sign key" masih kosong belum ada file cert dan key-nya mas. itu bagaimana mengatasinya, mohon pencerahan... trims

       
    58. evanov Says:
    59. maaf, maksud saya: "saya yang kurang teliti"

       
    60. sephet Says:
    61. bagus kalo masalahnya udah solved :)

      untuk "self sign cert" dan "self sign key" sudah default file cert dan key,
      kamu ganti aja sama cer dan key dari OPDA milik kamu.
      feedback lagi kalo masih ada masalah.
      thanks

       
    62. Anonymous Says:
    63. boss ane dah instal freesigner di hp tapi pas setting untuk masukkan cet.cer dan self sign key kok ngak mau... apa harus instal di drive c krn ane instal di memory card.... help me

       
    64. sephet Says:
    65. gampang kok..
      di freesigner-nya kan bisa ubah direktori dimana kamu save file cer/key milik kamu.
      freesigner bisa di instal di ekternal memory :)

       
    66. Unknown Says:
    67. mantafff infonya bro..

      tapi aku mengalami sedikit kesulitan , setelah aku mengikuti semua langkah2 diatas dan telah mngstal free sign. exe yang sdh "signed" di hpku (5530 V.020.0.080) tertulis tidak kompatibel..tapi tetap dapat dibuka.. apa itu bermasalah??? karena cara setting di hp nya aku tdk tau. maksudnya yg .cer dan .key nya.. mohon banget bantuannya... thanks b4

       
    68. sephet Says:
    69. file cer dan key di request lewat OPDA dengan nomor imei ponsel kamu.
      silahkan kamu baca disini :
      http://sephet.blogspot.com/2009/12/portal-sertifikasi-online-software.html

      thanks

       
    70. Anonymous Says:
    71. Gan, hp ane nokia 5233, tapi ga bisa install semuanya ya..??? Udah ane mundurin tahun dan bulannya, tapi tetap saja ga bisa. Mohon bantuannya,Gan.
      Thanx....
      No IMEI: 353385048907198.

       
    72. sephet Says:
    73. coba kamu kirim via email lewat menu blog : contact me
      thanks

       
    74. Ryan Says:
    75. Cara termudah dapatkan cer dan key dlm waktu 1 menit, tanpa harus daftar di opda. Visi my blog http://virgo.mywapblog.com

       
    76. kunkun Says:
    77. mas, saya udah jalankan cara-cara di atas. tapi waktu aku upload file nya kok ada pesan "parameter error" itu kenapa mas? apa karena status key nya udah expired? tolong bantuannya mas... HP saya Nokia 5233
      terima kasih

       
    78. Anonymous Says:
    79. Mas saya nggak bisa download freesigner nya karena websitenya di blokir tolong bisa di kirim ke email saya nggak ( alifa_al@yahoo.com )
      Trims Atas bantuannya

       
    80. sephet Says:
    81. kunkun:
      iya, cert dan key OPDA registrate statusnya sudah expired. saya belum dapet yang valid lagi nih...

      untuk link freesignernya masih valid dan bisa di download.

      thread merged.

       
    82. Anonymous Says:
    83. mas saya sudah jalankan tips ini,tapi kok pas mo instal file yg udah d signed kok ga bs..(penyuplai tidak dapat dipercaya)
      solusinya mas..
      hp saya 6120c

       
    84. sephet Says:
    85. saya coba bantu request lagi cert dan key buat kamu.
      tolong kirim nomor imei ponsel kamu lewat menu contact me di atas panel blog

       
    86. Anonymous Says:
    87. saya gak bisa cra ngerquest cert sama keynya...gimana caranya?setelah saya pply di oda tidak muncul apa2.hp saya nokia X5

       
    88. sephet Says:
    89. saya coba bantu request lagi cert dan key buat kamu.
      tolong kirim nomor imei ponsel kamu lewat menu contact me di atas panel blog

       
    90. tukangkagol Says:
    91. mas, uda sampai situ saja ato harus instal helloOx segala?

       
    92. sephet Says:
    93. signing helloOx dengan freesigner

       
    94. Anonymous Says:
    95. Mas, setelah setting certificate dan key nya..
      terus bagaimana lagi ya?
      saya coba install the pencil di 5800..
      tapi ada certificate error..
      gimana ya?

       
    96. Anonymous Says:
    97. mas tolong dong saya mengalami kesulitan nih.
      di akun opda saya status ceritifacate nya expire.
      jadi gimana nih ?

       
    98. sephet Says:
    99. status certificate expire, coba kamu delete dan upload lagi cer dan key disertai nomor imei kamu.
      server OPDA memang seringkali seperti itu.
      sudah saya coba dengan beberapa cer dan key dengan imei yg berbeda (kasus yg sama).

       
    100. Anonymous Says:
    101. habis msk opda trs gmn yaaaa? pusing @@
      kan daftar..trs abis gt gmn?

       
    102. abonz Says:
    103. Tutorial paling mudah di pahamin....
      Mksh bnyk mas, tuto nya sangat membantu...
      Tp saya ada keluhan seperti ini mas, knp tu??

      "Errors found
      Errors found in operation. Logs are write to C. Data freesigner freesigner"

       
    104. Anonymous Says:
    105. Bantu dong, Ga pernah berhasil untuk LCG Jukebox...gagal terus. N97 emai : 356064030428524 cepau335@yahoo.com Please...

       
    106. banyak yg saya pelajari disini,makasih om

       
    107. fay Says:
    108. signsis ku gak bisa di instal..gimana bro??

       
    109. AJARI HACK Says:
    110. gan,katanya install freesigner dulu. tpi dihp n70q gx bisa nginstall malah ada tulisan NO VIEWVER FOUND....gmna kasih solusinya donk
      ...pa kah gra" pernah di HR 3 jari dan pa kah hrus di FLASH,.,.,.,

       
    111. sephet Says:
    112. error foun in operatiion, itu berarti file cert dan key belum di sett. pilih source ke direktori dimana kamu mneyimpan file cert dan key kamu.

      signsis tidak bisa di instal di pc, matikan antivirus kamu terlebih dulu, kemudian baru buka signsis.exe

      freesigner unsigned, tidak bisa di instal di ponsel tanpa cert dan key. sign freesigner terlebih dahulu dengan signsis di pc, kemudian copy fressigner.sis dan instal di ponsel kamu.

      ingat : cert dan key mutlak di ikut sertakan! tks

       
    113. AJARI HACK Says:
    114. download DIMANA freesigner yang bisa diinstal diPC ,..,.,DAn minta cranya masukin cert dan keynxa

       
    115. sephet Says:
    116. semua yang kamu tanyakan ada di atas.
      freesigner untuk PC namanya signsis.exe.
      cara masukin cert dan key, browse file di di direktori dimana kamu menyimpan file cert dan key tersebut.

       
    117. Anonymous Says:
    118. mas di OPDA itu emang harus nunggu ya ga bisa download gitu aja?

       
    119. Anonymous Says:
    120. maaf saya ada kendala buat download cert key mohon di bantu

      351502046539003
      nokia e63

      mhon di beritahukan ke sletingdol@yahoo.com

       
    121. Unknown Says:
    122. minta bantuan donk.....saya uda reques certivicate ke opda tp uda 3 hari kgk jadi2...lama2 gw kan dongkol juga...bantuin ya...hp saya
      Nokia C6-00
      IMEI = 351503040530428

      dan certivikatnya TOLONG kirimin ke email ya....

       
    123. Unknown Says:
    124. ato kirim certivicate nya ke khamid_seikatsu@yahoo.com

       
    125. sore sobb, salam kenal dari saya,, ijin nyimak n silaturahmi,,, silahkan maen keblog q sob , buat e63 dan juga symbian laenya ada cara baru wat hack ponsel.... Ditunggu yaa. Trims sobat..

       
    126. yogiekudou Says:
    127. kang sephet..
      jgn bosen2 kasih solusi ini y kang..
      hehehe..

      ane "being produced"
      kita harus tunggu lagi y?

       
    128. Rizky Says:
    129. Aku mau nanya nie kog aku gag bsa instal freesigner ya,,pas selesai download hanya catatan yg keluar gmana tu hp saya 3230

       
    130. Anonymous Says:
    131. udah dimundurin tahunnya bs tp kemudian muncul File corrupt itu knp gan

       
    132. ane rikwes certificate di opda udah 2mingguan lebih ga kelar kelar ... kenapa yak?

       
    133. Anonymous Says:
    134. klo di nokia 5530 gmna?
      imei nya 351540044720019
      e mail kid.kaiti13@yahoo.com
      thanks

       
    135. Anonymous Says:
    136. sorry e-mail nya kid.kaito13@yahoo.com
      mohon bantuanya

       
    137. zain Says:
    138. mas, klo udah berhasil buat meng-sign aplikasi brdasar cara tersebut. trus klo mau install aplikasi lagi yg blum di sign, apa tinggal di install aja ? apa harus melakukan seperti yg diatas lagi?

       
    139. sephet Says:
    140. ya, lakukan lagi cara tersebut untuk semua file sis yang belum di 'sign'

       
    141. ewot Says:
    142. download dulu freesignernya

       
    143. freesigner Says:
    144. oh jadi aplikasi yang sebelumnya .sis menjadi .sisx ya

       
    145. bang mnt videonya aja gak ngerti sama sekali ni

       
    146. yudi Says:
    147. registrasi di OPDA bayar gan. (waktu mau upload sis. minta donasi dulu :(

       
    148. Unknown Says:
    149. askum.wr.wb. OM SAYA sudah coba . . Tapi gagal terus. . Boleh gak aku minta toloNG buat hp nokia 5230 saya. Gy mana aja sieh cra nya. Biar bisa instal semua. .

       
    150. Unknown Says:
    151. bos mnt bantuan.a untuk dptin certfkat..
      saya kesulitan nie
      untuk nokia 5800exm

       

    Post a Comment

    Daftar Isi

    Display Pagerank